Rabu, 30 November 2016

Review Oli YAMALUBE di Jupiter MX KING

Banyak yang sudah me-review Oli di Yamaha VIXION di blog dan wordpress tapi saya merasa kurang puas karena dirasa kurang lengkap. Kali saya akan me-review Oli Yamalube di motor saya sendiri dan kebetulan belum ada yang me-review Perfoma Oli di MX KING walaupun secara teknis, mesin MX KING dengan VIXION 97% mirip.
      1.       YAMALUBE SPORT

a.       ASLI
0 – 60km Performa Oli belum terasa signifikan karena getaran mesin masih terasa besar pada titik tertentu tapi kipas radiator tidak mudah(sebentar-bentar) menyala saat macet.
60 – 900km :  getaran mesin sudah terasa normal tapi terasa agak besar saat berada pada kecepatan 60 – 70km/jam, namun berkurang setelah melewati kecepatan tersebut. Perpindahan gigi terasa normal tapi terasa agak nyangkut (saya gak tau istilah teknisnya) pas mau pindah dari gigi – 2 ke gigi – 1 terutama saat kondisi macet padahal kopling sudah ditarik full. Saat macet kipas radiator suka menyala dan menyala selama sekitar 3 menit. Angin dari kipas radiator terasa hangat dikaki bila memakai kaos kaki dan sepatu dan terasa membakar kaki saat cuma pakai sendal. Yang nyebelin setiap sampai rumah teutama setelah habis kena macet, kipas radiator sering menyala selama 5 menit. Mumpung oli berada pada kondisi maksimal, saya coba geber sampai kecepatan maksimal. Dan diperoleh kecepatan yang bisa saya capai adalah 106km/jam dengan akselerasi dari 85km/jam ke 100km/jam = 5 detik.
900 – 1200km : perpindahan gigi kadang suka nyangkut di setiap perpindahan gigi dan paling terasa saat perpindahan dari 2 ke 1 di kondisi macet, jadi harus agak dipaksa. Konsumsi bensin agak boros, kalau normalnya(dari pengukuran yang saya lakukan) 43km/L, sekarang jadi 40km/L.
>1200km : lewat sedikit dari 1200km, kipas radiator sangat sering menyala saat macet dan angin kipas radiator terasa panas dikaki, padahal pakai sepatu (kaos kaki juga lah, hehehe), apalagi kalo cuma pakai sendal. Getaran mesin terasa besar terutama saat mesin minta pindah gigi, saat kecepatan diatas 70km/jam dan paling besar saat kecepatan berada pada 60 – 70km/jam. Perpindahan gigi pun sudah terasa tidak nyaman.

b.      PALSU
Nah ini Oli saya dapat saat saya beli oli di bengkel pinggir jalan. Setelah pemakaian 60km lebih, perbedaanya mulai terasa. Getaran mesin terasa lebih besar saat mesin minta pindah gigi dibanding YAMALUBE SPORT asli. Kecepatan Maksimal yang bisa saya capai Cuma 100km/jam (pengukuran kecepatan maksimal ini saya dilakukan dijalan Jakarta, jadi gak bisa sampai 131km/jam seperti yang diberita karena banyaknya rintangan dan panjang lintasan yang terbatas) dengan akselerasi yang sama(85km/jam ke 100km/jam = 5 detik). Pada jarak tempuh 800 – 999km, reviewnya sama seperti 900 – 1200km diatas. Begitu masuk 1000km, mesin berasa gak enak parah, getaran mesin terasa besar sekali ditelapak kaki bahkan sampai terasa dipaha getaran mesinnya. SARAN SAYA MENDING BELI OLI DI DEALER RESMI KALAU MAU AMAN, TAPI JUJUR GANTI OLI DI DEALER RESMI KADANG PELAYANANNYA KURANG RAMAH KALO CUMA GANTI OLI DOANG, SEENGAKNYA SERVICE RUTIN xxxxKM BARU DILAYANI DENGAN RAMAH. Makannya saya ganti oli sendiri dirumah.

Kesimpulannya Oli ini cocok buat pemakaian harian dengan catatan karakter si pengendara yang gak suka kebut – kebutan dan kondisi lalu lintas yang tidak menghadapi macet setiap harinya. So, ini oli gak cocok buat pemakaian di daerah macet kaya Jakarta dan kota lainnya yang bernasib sama.

      2.   YAMALUBE SUPERSPORT

Menurut yang tertera di botol, oli ini bisa dipakai sampai 5000km/jam. Tapi saya baca beberapa review-nya di VIXION, Cuma sampai 2200 – 2300km. Tapi setelah dipikir – pikir, masuk akal kalo oli ini sama Yamaha di rekomendasikan buat R25 dan MT–25 dengan kapasitas oli mesin 2,4 Liter dengan kapasitas penggantian oli Non-FO(tanpa penggantian Filter Oli) 1,9L. Sedangkan kapasitas penggantian oli Non-FO di VIXION dan MX KING Cuma 0,9L. So, bisa dibilang 1 Liter Oli YAMALUBE SUPERSPORT Cuma bisa dipakai untuk jarak tempuh maksimal 2500km. Jadi klaim 5000km jelas diperuntukkan buat Yamaha 250cc.

0 – 60km : begitu ganti oli langsung berasa bedanya. Pegantian gigi terasa sangat halus bahkan terkesan “Licin”. Engine Brake langsung berkurang drastis, serem euy rasanya. Getaran mesin berasa lebih halus dibanding dengan Yamalube Sport. Tidak ada peningkatan akselerasi.

60 – 1000km : pergantian gigi terasa halus dan nggak nyangkut sama sekali bahkan saat perpindahan gigi 2 ke 1 dikondisi macet. Getaran mesin terasa halus dan sedikit membesar saat kecepatan diatas 60km/jam tapi saya rasa wajar dan pembengkakan getaran mesin pada saat kecepatan60 – 70km/jam hilang. Saat macet kipas radiator jarang menyala. Kalaupun menyala angin radiator tidak terasa dikaki sama sekali bahkan saat pakai sendal, wow!. Kipas radiator kadang masih suka menyala saat sampai rumah itupun Cuma satu menit dan pas saya coba taruh tangan saya di lubang aliran udara, udara dari kipas radiator terasa hangat. Lalu saya coba geber sampai kecepatan maksimal dan diperoleh kecepatan maksimal 110km/jam yang diperoleh dengan akselerasi 4 detik dari 85km/jam sampai 110km/jam, jelas terasa banget perbedaaanya bila dibandingkan dengan YAMALUBE SPORT yang butuh 5 detik dari 85km/jam sampai 100km/jam.

1000km – 1800km : Getaran mesin mulai agak membesar terutama saat kecepatan 60 - 70km/jam. Mesin mulai terasa lebih panas dari biasanya. Tapi keseluruhan masih nyaman untuk berkendara.

1800 - 2000km : Perlahan tapi pasti panas mesin semakin meningkat. Pas 1900km, setiap habis melewati jalan macet kipas radiator menyala dan angin dari kipas radiator terasa hangat kalau pakai sepatu dan terasa panas kalau pakai sendal. Begitu masuk 2000km, getaran mesin terasa besar saat diputaran bawah, pergantian gigi terasa nyangkut bahkan pada 3 dan 4.  Sebenarnya Oli YSS ini masih bisa terus dipakai sampai 2200km, tapi saya memutuskan melakukan pergantian Oli di 2070km karena takut nggak sempet ganti Oli.

Kesimpulan Oli ini cocok untuk pemakaian jarak jauh serta tergolong sangat nyaman (nilai 80) untuk pemakaian harian apalagi dengan kondisi jalan yang tiap hari macet. Performa yang disuguhkan pun terasa lumayan terutama untuk akselerasi dan kecepatan. Recommended lah ini buat yang ingin performa dan kenyamanan lebih tapi kantong tipis.

Ada sih Oli yang lebih bagus dari ini, yaitu MOTUL Ester 5100 10w - 40 seharga (kurang lebih) Rp 170rb dan yang paling top adalah MOTUL Ester 7100 10w - 40 seharga Rp 270rb (harga Maret 2017), tapi susah nyari-nya dan tidak selalu ready stock. Kalau di Jakarta saya tahu-nya ada di Toko Oli TODA.
Kalau ada rezeki, saya akan coba Oli MOTUL diatas....... (Edited pos : 10 Maret 2017)

30 komentar:

  1. Setuju bro dengan pengalaman kamu. SuperSport jauh lebih baik dr pada Sport. Pake Shell Advance Ultra juga bagus bro, mesin nya jadi kalem getaran nya jg pindah gigi enteng banget. Kalo Motul Ester 5100 mah udh so pasti lebih ueennaaaak lagi bro. (Saya pengendara MX King 150 juga bro thn 2016)

    BalasHapus
  2. kagak usah mahal2 bang. coba aja shell ax5 15w-40 botol kuning. skarang mx king saya pake itu. dulu shell ax7 10w 40. tp setelah 600km lebih mesin mulai kasar dan perpindahan gigi nya sering selip. recomend dah yang shell ax5 15w 40


    BalasHapus
  3. Makasih guys buat saran nya (Shell Advance Ultra sama AX5 15W40) @septianto wirawan @nendra cung, tapi tetap pake Y-SuperSport, takut kenapa - kenapa kalo gonta - ganti mulu, belum lagi mesin harus adaptasi dulu kalo ganti oli lain baru dapat "nikmatnya" setelah berhasil adaptasi.

    BalasHapus
  4. Saya sudah coba oli motul ester 5100.. di Mx king saya 2018. tour kediri-Lamongan dg tempuh waktu 4 jam pulang pergi.. Tarikan ajib rpm atas bawah, hingga bisa smpai 120mph.. Samapi 3000km masih bagus sebenarnya, berhubung saya ingin ganti dg yamalub sport, masih kalah jauh dg motul ester5100..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mantap Mas Review Singkat Motul Ester 5100-nya...
      Jgn Yamalube Sport mas kalo buat jarak jauh, Yamalube SuperSport aja, hehehe...

      Hapus
    2. Dan pada ahirnya saya kembalikan lagi pada Motul ester 5100.. Alhasil perpindahan gigi 3,2,N,1 licin.. bahkan skrang di 3600km blm saya ganti olinya.. saya coba sampai 4000 baru ganti.. dan dan masih tetap nyaman dan tarikam stabil.. Gasss Poollll.. di MX.king. hehe

      Hapus
  5. saya pake yamalube rs4gp buat mx king bagus ga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wih Yamalube RS4GP kan buat Moge Yamaha...
      Dari harga sih sepertinya Yamalube RS4GP kualitas mirip dengan Motul Ester 5100.
      Saya sendiri belum pernah coba Yamalube RS4GP, kapan2 (kalo ada duit) saya review...

      Hapus
    2. Pastinya Juosss...buat tarikan

      Hapus
  6. Lbeih baik pake enduro racing

    BalasHapus
  7. Pake minyak makan aja aman

    BalasHapus
  8. tpi kira" yamalube rs4gp klo di pake buat mx king bisa aj ga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa aja. Tapi gak tau se-ngacir apa tarikannya...

      Hapus
  9. Kalau misalnya Mx King pakai oli elf sport 4 campione yg 10w 60 gimana? walau lebih kental
    untuk pemakaian harian di segala kondisi termasuk macet dan jarak dekat maupun jauh

    saya juga pakai mx king 2018

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasanya yg lebih kental lebih adem jadi cocok buat harian tapi buat ngebut jadi berasa kurang tarikannya.

      Hapus
    2. Kalo oli kental lebih tahan lama,tapi tarikan jadi berat tdk enteng atau responsif,kalo dh biasa pake yg encwr terus ganti ke yg kwntel pasti gak nyaman di tangan kaya lemot banget,saya pernah ganti yg kentel gak sebut merk ya,1 hari gak nyaman balik lagi ke oli yg biasa pake shell ax7

      Hapus
  10. Mx king 2019,... Baru service 1 bos... Pake oli gratisan (YAMALUBE SPORT) nyemplak aspal babadan-unw (ungaran) Jarak dekat ±1 km... Kmh tertinggi nyampe 132 Kmh. Tapi Kalo macet ato jalan pelan sering kipas radiator menyala lama. Skrng km sdh nyampe hamper 4000,... Service ke 2 pingin ym.super sport.... (doain punya dwit ya gan)

    BalasHapus
  11. Enduro sama yamalube bagusan apa om

    BalasHapus
    Balasan
    1. Enduro Racing saya blm Review. Tapi dari pengalaman Para Riders mesin dan peripindahan gigi lebih halus dari Yamalube Sport. Selisih Harga 5rb lebih mahal dari Yamalube Sport.

      Hapus
  12. Oli MX king ya Yamalube lahh,,,
    Klo mw pake oli yg spek'x di atas rata² ya harus berani jg bro isi bahan bakar yg spek'x di atas rata²,,selain itu,,klo mw cari perbandingan tntng mana oli terbaik untuk MX king,,eeeaattt,jgn salah,,ban lebih besar dari standar pabrikan jg jadi pengaruh lemotnya gasspooL,,klo menurut saya sihh,,biar motor enak terus,terus daaaaannnn terus,,,pake yamalube aja,,,terserah mw sport/super sport,,dan jangan lupa ganti oli setiap 1000km..MX king ane tuh,Thun 2016,masih gaspooL wlw pake knalpot racing setiap hari,,jdi saran ane sihh ganti oli anda setiap 1000km..trima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Trgantung jarak gan. Klo pake yamalube sport ga cocok buat long advanture. Paling dgember 3 jam udh nyala kipas radiator. Berbeda dgn Ester, contol motul 5100 gember aja 4 jam jg masi yahuud. Klo utk pemakaian jarak dkt ga bakal kerasa oli yamalube, cobain utk wktu tempuh yg lama baru kerasa ga ada tarikan.

      Hapus
    2. Setuju sama bang Dul, Yamalube Sport memang gak cocok buat pemakian jarak jauh.

      Hapus
  13. Nyimak dulu ah, setelah baca baca komentar , saya memutuskan untuk make oli yamalube SS 😁

    BalasHapus
  14. Yang cocok mana ni buat MX king,Yamalube sport,super sport apa rs4gp...??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Super Sport kang. Kalo kantong x-tra tebal bisa pakai RS4GP.

      Hapus