Banyak yang sudah me-review Oli di Yamaha VIXION di blog dan
wordpress tapi saya merasa kurang puas karena dirasa kurang lengkap. Kali saya
akan me-review Oli Yamalube di motor saya sendiri dan kebetulan belum ada yang
me-review Perfoma Oli di MX KING walaupun secara teknis, mesin MX KING dengan
VIXION 97% mirip.
1.
YAMALUBE SPORT
a.
ASLI
0 – 60km Performa Oli belum terasa signifikan karena getaran mesin masih
terasa besar pada titik tertentu tapi kipas radiator tidak mudah(sebentar-bentar)
menyala saat macet.
60 – 900km : getaran mesin sudah
terasa normal tapi terasa agak besar saat berada pada kecepatan 60 – 70km/jam,
namun berkurang setelah melewati kecepatan tersebut. Perpindahan gigi terasa
normal tapi terasa agak nyangkut (saya gak tau istilah teknisnya) pas mau
pindah dari gigi – 2 ke gigi – 1 terutama saat kondisi macet padahal kopling
sudah ditarik full. Saat macet kipas radiator suka menyala dan menyala selama
sekitar 3 menit. Angin dari kipas radiator terasa hangat dikaki bila memakai
kaos kaki dan sepatu dan terasa membakar kaki saat cuma pakai sendal. Yang nyebelin
setiap sampai rumah teutama setelah habis kena macet, kipas radiator sering
menyala selama 5 menit. Mumpung oli berada pada kondisi maksimal, saya coba
geber sampai kecepatan maksimal. Dan diperoleh kecepatan yang bisa saya capai
adalah 106km/jam dengan akselerasi dari 85km/jam ke 100km/jam = 5 detik.
900 – 1200km : perpindahan gigi kadang suka nyangkut di setiap perpindahan
gigi dan paling terasa saat perpindahan dari 2 ke 1 di kondisi macet, jadi
harus agak dipaksa. Konsumsi bensin agak boros, kalau normalnya(dari pengukuran
yang saya lakukan) 43km/L, sekarang jadi 40km/L.
>1200km : lewat sedikit dari 1200km, kipas radiator sangat sering
menyala saat macet dan angin kipas radiator terasa panas dikaki, padahal pakai
sepatu (kaos kaki juga lah, hehehe), apalagi kalo cuma pakai sendal. Getaran
mesin terasa besar terutama saat mesin minta pindah gigi, saat kecepatan diatas
70km/jam dan paling besar saat kecepatan berada pada 60 – 70km/jam. Perpindahan
gigi pun sudah terasa tidak nyaman.
b.
PALSU
Nah ini Oli saya dapat saat saya beli oli di bengkel pinggir jalan. Setelah
pemakaian 60km lebih, perbedaanya mulai terasa. Getaran mesin terasa lebih besar
saat mesin minta pindah gigi dibanding YAMALUBE SPORT asli. Kecepatan Maksimal
yang bisa saya capai Cuma 100km/jam (pengukuran kecepatan maksimal ini saya dilakukan
dijalan Jakarta, jadi gak bisa sampai 131km/jam seperti yang diberita karena
banyaknya rintangan dan panjang lintasan yang terbatas) dengan akselerasi yang
sama(85km/jam ke 100km/jam = 5 detik). Pada jarak tempuh 800 – 999km, reviewnya
sama seperti 900 – 1200km diatas. Begitu masuk 1000km, mesin berasa gak enak
parah, getaran mesin terasa besar sekali ditelapak kaki bahkan sampai terasa
dipaha getaran mesinnya. SARAN SAYA MENDING BELI OLI DI DEALER RESMI KALAU MAU
AMAN, TAPI JUJUR GANTI OLI DI DEALER RESMI KADANG PELAYANANNYA KURANG RAMAH
KALO CUMA GANTI OLI DOANG, SEENGAKNYA SERVICE RUTIN xxxxKM BARU DILAYANI DENGAN
RAMAH. Makannya saya ganti oli sendiri dirumah.
Kesimpulannya Oli ini cocok buat pemakaian
harian dengan catatan karakter si pengendara yang gak suka kebut – kebutan dan
kondisi lalu lintas yang tidak menghadapi macet setiap harinya. So, ini oli gak
cocok buat pemakaian di daerah macet kaya Jakarta dan kota lainnya yang
bernasib sama.
2. YAMALUBE SUPERSPORT
Menurut yang tertera di botol, oli ini bisa
dipakai sampai 5000km/jam. Tapi saya baca beberapa review-nya di VIXION, Cuma sampai
2200 – 2300km. Tapi setelah dipikir – pikir, masuk akal kalo oli ini sama
Yamaha di rekomendasikan buat R25 dan MT–25 dengan kapasitas oli mesin 2,4
Liter dengan kapasitas penggantian oli Non-FO(tanpa penggantian Filter Oli)
1,9L. Sedangkan kapasitas penggantian oli Non-FO di VIXION dan MX KING Cuma 0,9L.
So, bisa dibilang 1 Liter Oli YAMALUBE SUPERSPORT Cuma bisa dipakai untuk jarak
tempuh maksimal 2500km. Jadi klaim 5000km jelas diperuntukkan buat Yamaha
250cc.
0 – 60km : begitu ganti oli langsung berasa
bedanya. Pegantian gigi terasa sangat halus bahkan terkesan “Licin”. Engine Brake
langsung berkurang drastis, serem euy rasanya. Getaran mesin berasa lebih halus
dibanding dengan Yamalube Sport. Tidak ada peningkatan akselerasi.
60 – 1000km : pergantian gigi terasa halus dan nggak nyangkut sama sekali bahkan saat perpindahan gigi 2 ke 1 dikondisi macet. Getaran mesin terasa halus dan sedikit membesar saat kecepatan diatas 60km/jam tapi saya rasa wajar dan pembengkakan getaran mesin pada saat kecepatan60 – 70km/jam hilang. Saat macet kipas radiator jarang menyala. Kalaupun menyala angin radiator tidak terasa dikaki sama sekali bahkan saat pakai sendal, wow!. Kipas radiator kadang masih suka menyala saat sampai rumah itupun Cuma satu menit dan pas saya coba taruh tangan saya di lubang aliran udara, udara dari kipas radiator terasa hangat. Lalu saya coba geber sampai kecepatan maksimal dan diperoleh kecepatan maksimal 110km/jam yang diperoleh dengan akselerasi 4 detik dari 85km/jam sampai 110km/jam, jelas terasa banget perbedaaanya bila dibandingkan dengan YAMALUBE SPORT yang butuh 5 detik dari 85km/jam sampai 100km/jam.
1000km – 1800km : Getaran mesin mulai agak membesar terutama saat kecepatan 60 - 70km/jam. Mesin mulai terasa lebih panas dari biasanya. Tapi keseluruhan masih nyaman untuk berkendara.
1800 - 2000km : Perlahan tapi pasti panas mesin semakin meningkat. Pas 1900km, setiap habis melewati jalan macet kipas radiator menyala dan angin dari kipas radiator terasa hangat kalau pakai sepatu dan terasa panas kalau pakai sendal. Begitu masuk 2000km, getaran mesin terasa besar saat diputaran bawah, pergantian gigi terasa nyangkut bahkan pada 3 dan 4. Sebenarnya Oli YSS ini masih bisa terus dipakai sampai 2200km, tapi saya memutuskan melakukan pergantian Oli di 2070km karena takut nggak sempet ganti Oli.
Kesimpulan Oli ini cocok untuk pemakaian jarak jauh serta tergolong sangat nyaman (nilai 80) untuk pemakaian harian apalagi dengan kondisi jalan yang tiap hari macet. Performa yang disuguhkan pun terasa lumayan terutama untuk akselerasi dan kecepatan. Recommended lah ini buat yang ingin performa dan kenyamanan lebih tapi kantong tipis.
Ada sih Oli yang lebih bagus dari ini, yaitu MOTUL Ester 5100 10w - 40 seharga (kurang lebih) Rp 170rb dan yang paling top adalah MOTUL Ester 7100 10w - 40 seharga Rp 270rb (harga Maret 2017), tapi susah nyari-nya dan tidak selalu ready stock. Kalau di Jakarta saya tahu-nya ada di Toko Oli TODA.
Kalau ada rezeki, saya akan coba Oli MOTUL diatas....... (Edited pos : 10 Maret 2017)
Setuju bro dengan pengalaman kamu. SuperSport jauh lebih baik dr pada Sport. Pake Shell Advance Ultra juga bagus bro, mesin nya jadi kalem getaran nya jg pindah gigi enteng banget. Kalo Motul Ester 5100 mah udh so pasti lebih ueennaaaak lagi bro. (Saya pengendara MX King 150 juga bro thn 2016)
BalasHapuskagak usah mahal2 bang. coba aja shell ax5 15w-40 botol kuning. skarang mx king saya pake itu. dulu shell ax7 10w 40. tp setelah 600km lebih mesin mulai kasar dan perpindahan gigi nya sering selip. recomend dah yang shell ax5 15w 40
BalasHapuskalo yg shell helix gmna bro
HapusShell Helix buat mobil
HapusMakasih guys buat saran nya (Shell Advance Ultra sama AX5 15W40) @septianto wirawan @nendra cung, tapi tetap pake Y-SuperSport, takut kenapa - kenapa kalo gonta - ganti mulu, belum lagi mesin harus adaptasi dulu kalo ganti oli lain baru dapat "nikmatnya" setelah berhasil adaptasi.
BalasHapusHahahaha Shell.. hahaha
BalasHapusSaya sudah coba oli motul ester 5100.. di Mx king saya 2018. tour kediri-Lamongan dg tempuh waktu 4 jam pulang pergi.. Tarikan ajib rpm atas bawah, hingga bisa smpai 120mph.. Samapi 3000km masih bagus sebenarnya, berhubung saya ingin ganti dg yamalub sport, masih kalah jauh dg motul ester5100..
BalasHapusMantap Mas Review Singkat Motul Ester 5100-nya...
HapusJgn Yamalube Sport mas kalo buat jarak jauh, Yamalube SuperSport aja, hehehe...
Dan pada ahirnya saya kembalikan lagi pada Motul ester 5100.. Alhasil perpindahan gigi 3,2,N,1 licin.. bahkan skrang di 3600km blm saya ganti olinya.. saya coba sampai 4000 baru ganti.. dan dan masih tetap nyaman dan tarikam stabil.. Gasss Poollll.. di MX.king. hehe
Hapussaya pake yamalube rs4gp buat mx king bagus ga?
BalasHapusWih Yamalube RS4GP kan buat Moge Yamaha...
HapusDari harga sih sepertinya Yamalube RS4GP kualitas mirip dengan Motul Ester 5100.
Saya sendiri belum pernah coba Yamalube RS4GP, kapan2 (kalo ada duit) saya review...
Pastinya Juosss...buat tarikan
HapusLbeih baik pake enduro racing
BalasHapusPake minyak makan aja aman
BalasHapusBisa ae Kang Minyak...
Hapustpi kira" yamalube rs4gp klo di pake buat mx king bisa aj ga?
BalasHapusBisa aja. Tapi gak tau se-ngacir apa tarikannya...
HapusKalau misalnya Mx King pakai oli elf sport 4 campione yg 10w 60 gimana? walau lebih kental
BalasHapusuntuk pemakaian harian di segala kondisi termasuk macet dan jarak dekat maupun jauh
saya juga pakai mx king 2018
Biasanya yg lebih kental lebih adem jadi cocok buat harian tapi buat ngebut jadi berasa kurang tarikannya.
HapusKalo oli kental lebih tahan lama,tapi tarikan jadi berat tdk enteng atau responsif,kalo dh biasa pake yg encwr terus ganti ke yg kwntel pasti gak nyaman di tangan kaya lemot banget,saya pernah ganti yg kentel gak sebut merk ya,1 hari gak nyaman balik lagi ke oli yg biasa pake shell ax7
HapusMx king 2019,... Baru service 1 bos... Pake oli gratisan (YAMALUBE SPORT) nyemplak aspal babadan-unw (ungaran) Jarak dekat ±1 km... Kmh tertinggi nyampe 132 Kmh. Tapi Kalo macet ato jalan pelan sering kipas radiator menyala lama. Skrng km sdh nyampe hamper 4000,... Service ke 2 pingin ym.super sport.... (doain punya dwit ya gan)
BalasHapusAmin.... Segera pakai oli YSS
HapusEnduro sama yamalube bagusan apa om
BalasHapusEnduro Racing saya blm Review. Tapi dari pengalaman Para Riders mesin dan peripindahan gigi lebih halus dari Yamalube Sport. Selisih Harga 5rb lebih mahal dari Yamalube Sport.
HapusOli MX king ya Yamalube lahh,,,
BalasHapusKlo mw pake oli yg spek'x di atas rata² ya harus berani jg bro isi bahan bakar yg spek'x di atas rata²,,selain itu,,klo mw cari perbandingan tntng mana oli terbaik untuk MX king,,eeeaattt,jgn salah,,ban lebih besar dari standar pabrikan jg jadi pengaruh lemotnya gasspooL,,klo menurut saya sihh,,biar motor enak terus,terus daaaaannnn terus,,,pake yamalube aja,,,terserah mw sport/super sport,,dan jangan lupa ganti oli setiap 1000km..MX king ane tuh,Thun 2016,masih gaspooL wlw pake knalpot racing setiap hari,,jdi saran ane sihh ganti oli anda setiap 1000km..trima kasih.
Trgantung jarak gan. Klo pake yamalube sport ga cocok buat long advanture. Paling dgember 3 jam udh nyala kipas radiator. Berbeda dgn Ester, contol motul 5100 gember aja 4 jam jg masi yahuud. Klo utk pemakaian jarak dkt ga bakal kerasa oli yamalube, cobain utk wktu tempuh yg lama baru kerasa ga ada tarikan.
HapusSetuju sama bang Dul, Yamalube Sport memang gak cocok buat pemakian jarak jauh.
HapusNyimak dulu ah, setelah baca baca komentar , saya memutuskan untuk make oli yamalube SS 😁
BalasHapusAlhamdulillah...
HapusYang cocok mana ni buat MX king,Yamalube sport,super sport apa rs4gp...??
BalasHapusSuper Sport kang. Kalo kantong x-tra tebal bisa pakai RS4GP.
HapusYss lah the best..
BalasHapusJd apa neh yg bagus yss, shell adv ultra apa shell ax5 ato ax7 ???
BalasHapusShell Adv Ultra lebih bagus sepertinya karena harga 125rb aku liat di SPBU Shell tapi blm nyoba. Aku sih masih YSS aja karena langganan di dealer resmi.
HapusEnakan Pertamina Enduro, Awet 2 Bulan masih bisa dibawa kebut. Yah pait pait 112kpj. Tapi, dah terbukti awet sii, Dibanding Yamalube.
BalasHapus#maafnumpangkomen
mau nanya bang saya pake mx king keluaran taun 2015, kalau pake federal racing bagus ga yaa? atau ada saran lain yg oli nya lebih kentel, karna sama montir yamaha disaranin pake oli yg rada kentel karna udah diwanti harus ganti daleman
BalasHapus